Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tari Sintren

Selain gerak tarinya tarian ini juga terkenal dengan unsur mistis di dalamnya karena adanya ritual khusus untuk pemangilan roh atau dewa. Tari Sintren ini tersebar di beberapa tempat di Jawa tengah dan Jawa barat seperti di.

Sintren Cirebon Nantijugalopaham Cirebonphotographyforum Goaheadpeople Goaheadpeoplecirebon Goaheadpeoplefamouz Famouzcafe Cpfphotoria Sintren Saegale

Kesenian tari sintren pada mulanya dipentaskan pada waktu yang sunyi di saat malam bulan purnama karena kesenian tari ini berhubungan dengan roh halus yang masuk ke dalam sang penari namun kini pementasan tari sintren tidak lagi dilakukan pada malam bulan purnama melainkan dapat juga dipentaskan pada siang hari dan bertujuan untuk menghibur.

Tari sintren. Menurut sejarahnya tarian ini berawal dari percintaan Raden Sulandono dan Sulasih yang tidak mendapat restu dari orang tua Raden Sulandono. Tari SINTREN adalah salah satu Seni Tari Indramayu. Tari sintren atau lais adalah salah satu kesenian tari tradisional penduduk Pulau Jawa khususnya di daerah Cirebon sebagai asal dari tarian ini.

Sintren Indramayu memiliki beberpa perbedaan dengan Sintren Cirebon atau Sintren Cilacap. Kepercayaan subjek kebermanfaatan peran masyarakat serta keputusan subjek. Sementara didaerah lain penari sintren adalah wanita.

Dalam penelitian ini ditemukan empat tema induk yaitu. ShareReportersatu Tari Sintren merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari pesisir utara pantai Jawa tengah dan Jawa barat. Tari Sintren ini tersebar di beberapa tempat di Jawa tengah dan Jawa barat seperti di Cirebon Majalengka Indramayu Brebes Pemalang Pekalongan dan Banyumas.

Tari Sintren oleh siswi SMP N 1 Girimulyo Asuhan Ibu Sri Arkhamsiami SPdSemoga bermanfaattarikreasibarutarisintrensmpn1girimulyo. Proses penelitian ini memperhatikan kode etik psikologi untuk menjaga kerahasiaan data subjek. Kesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah antara lain di Indramayu Cirebon Subang utara Majalengka Jatibarang Brebes Pemalang Tegal Banyumas Kuningan dan Pekalongan.

Sintren adalah kesenian tari tradisional masyarakat Jawa khususnya di CirebonKesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah antara lain di Indramayu Cirebon Majalengka Jatibarang Brebes Pemalang Banyumas dan PekalonganKesenian Sintren dikenal juga dengan nama laisKesenian Sintren dikenal sebagai tarian dengan aroma mistismagis yang bersumber dari cerita cinta. Kesenian tari yang ada di Cirebon ini memiliki latar belakang yang menceritakan kisah percimtaan dari Ki Joko Bahu dengan Rantamsari namun percintaan dua insan ini tidak disetujui oleh Sultan Agung Raja Mataram sehingga akhirnya Ki Joko Bahu dan Rantamsari dipisahkan di saat perpisahan ini terdengar kabar bahwa Ki Joko Bahu meninggal namun Rantamsari tidak percaya dan. 6 Agustus 2017 154756 WIB.

Tarian ini juga dikenal di pantai utara Jawa Barat dan Jawa Tengah diantaranya Banyumas Brebes Cirebon Indramayu Jatibarang Kuningan Majalengka Pekalongan Pemalang dan Tegal. Kesenian Sintren dikenal sebagai tarian dengan aroma mistismagis yang bersumber dari cerita cinta kasih Sulasih dengan Sulandono. Sintren atau juga dikenal dengan Lais adalan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa khususnya di Cirebon.

Tari Sintren atau Lais merupakan seni tari tradisional penduduk Jawa terutama di Cirebon. Tari sintren sekarang tidak lagi hanya boleh ditarikan ketika malam purnama sekitar pukul 2100 2300 WIB saja melainkan sudah mulai digelar pertunjukkan pada siang hari. 10 Tari Tradisional dari Jawa Barat.

Tarian ini juga cukup terkenal di pantai utara Jawa Barat dan Jawa Tengah diantaranya seperti Banyumas Brebes Cirebon Indramayu Jatibarang Kuningan Majalengka Pekalongan Pemalang dan Tegal. Namun ada yang berbeda dengan Sintren khas Banyumasan dimana pemain atau penarinya adalah laki-laki. Peneliti menemukan subjek berdasarkan bantuan dari Ketua Sanggar Tari Sintren Kota Pekalongan.

Hal ini menyesuaikan deNgan berbagai tujuan yang hendak dicapai dari gelaran tari sintren sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan kesenian tradisional ini.

Pin Di Kebudayaan Indonesia

Tari Sintren Budaya Penari Pesisir

Pin Di Budaya Indonesia

Sintren Cirebon Fotografi Indonesia

Pin On Jawa

Sintren Tarian Bernuansa Mistis Di Cirebon Tarian Baju Tari Kacamata Hitam

Tari Sintren Kaca Mata Hitam Tarian Fotografi

Tari Sintren Penari

Pin On Tarian Tradisional Jawa Tengah


Posting Komentar untuk "Tari Sintren"